Monday, September 01, 2008

Mama, puasanya bisa dilanjut yah?

Hari pertama puasa, anak-anak susah banget diajak bangun buat sahur mungkin karena tidurnya agak larut. Tetapi alhamdulillah semuanya bisa melaksanakan sahur tepat waktu.
Kakak dan ade hari ini masuk sekolah. Kali ini cuman sampai jam 12 siang saja, biasanya setelah ashar baru pulang. Karena mamie bangun agak duluan mamie nyempatkan diri untuk tidur setelah subuh dan bangun jam 7 pagi. Beruntung gak kerja hari ini, diliburkan. Jam 7 mulai mamie teriak2 minta mereka berdua mandi *susah banget disuruh mandi :-P * karena rencana mamie yang akan antar mereka ke sekolah
Jam 8 baru selesai lama banget yah siap-siapnya.

Hari pertama puasa ini adalah hari pertama untuk ade berpuasa. Tahun lalu walaupun sesekali ikut sahur tapi jam 7 pagi dah minta susu :-D. Kalau kakak sudah dari tahun lalu gak ada batalnya, puasa sehari penuh. *insya Allah tahun ini juga*

Karena belum terbiasa ade yang paling banyak kisahnya. Dimulai dari pagi tadi secara gak sengaja kelihatan mau ngambil wafer yang ada di meja. Untung diingatkan sama abinya dan memang ternyata dia lupa karena yang keluar dari mulutnya "oh iyah di'"

Pulang sekolah jam 12, ade sudah kelihatan lemas sekali, dan gak berkata2 trus langsung tidur. Ngak sadar bahwa sebenarnya dia sudah boleh berbuka puasa karena masih latihan.

Karena terlanjur tidur, akhirnya puasanya lanjut. Sampai ashar dia terbangun dan gak tahan lagi minta minum. Segera mamie kasih kurma dan minum air putih tapi belum cukup juga karena minta minum susu. Untuk penghargaan atas usahanya mamie servis abis. Apa yang diinginkan mamie kasih dan dia menyadari itu bahwa apa yang diusahakan ini menyenangkan kami. Tetapi mungkin dia sadar dia masih belum mampu untuk melakukan sampai maghrib.

"Mama, puasanya bisa dilanjut yah?" katanya setelah minum susu. Mamie tertawa terbahak-bahak. Ah anakku, niat puasanya kuat bener cuman masih perlu lebih kuat untuk menahan rasa haus dan lapar. "Besok aja yah, diusahakan sebisa mungkin untuk menahan". Jawabku menjawab pertanyaannya.

Pesan:
Setiap usaha perlu mendapat penghargaan, tetapi harus berusaha lebih baik lagi. Begitu juga kakak yang masih kadang sulit untuk sholat. Putuskan rantai setan yang membelenggu yah sayang. Kakak pasti bisa. Insya Allah

1 comment:

Hidayatullah said...

minum susunya, mah.. o_o
met puasa ya, mah..